Selasa, 11 Juli 2017

Keutamaan Sedekah

Assalamu'alaikum sobat Ath-Thibb :)


Harta benda adalah milik Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah telah mengamanahkannya kepada para hamba-Nya, agar diketahui bagaimana mereka membelanjakannya. Kemudian, mereka akan ditanya tentang hartanya saat mereka berada di hadapan-Nya, dari mana mereka mendapatkannya dan ke mana mereka membelanjakannya.
Di antara perkara paling agung yang disyariatkan Allah kepada hamba-Nya untuk mengharapkan pahala dari-Nya adalah sedekah.
Berikut adalah beberapa keutamaan dan pengaruh sedekah :
1. Tingginya Kedudukan Orang yang Bersedekah
Diangkatnya derajat orang bersedekah tidak hanya di akhirat semata, namun juga di dunia. Barangsiapa yang memiliki sifat dermawan, maka ia akan menjadi orang yang mulia. Sedangkan orang yang bakhil, maka ia akan menjadi orang yang hina-dina.
2. Sedekah dapat Menjaga Pelakunya dari Bencana dan Musibah
"Orang yang berbuat kebajikan dapat menyelamatkan diri dari keburukan, mara bahaya dan kebinasaan" (HR. Hakim no.3795)
3. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda
Ibnu Hajar berkata, "Sedekah ibarat anak dari sebuah amalan. Bila telah disapih, maka anak tersebut sangat butuh perawatan. Bila ia diperhatikan dengan baik, maka ia akan tumbuh menjadi dewasa. Demikian pula amalan anak Adam, terutama sedekah. Bila seseorang bersedekah dari hasil kerja yang baik, maka Allah senantiasa melihatnya hingga mencapai kesempurnaan. Hingga berlipat ganda mencapai keselarasan antara pahala dan apa yang disedekahkan, seperti perbandingan antara sebiji kurma dengan sebuah gunung.
"Barangsiapa menafkahkan sesuatu dijalan Allah, niscaya akan ditulis baginya (pahala) 700 kali lipat" (HR. Ahmad no.18900)
4. Sedekah dapat Memadamkan Kesalahan dan Menghapus Dosa
"...Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk..." (QS. Hud : 114)
5. Rezeki Bertambah
"...Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba' : 39).
6. Sedekah adalah Pintu Gerbang Seluruh Amal Kebajikan
"Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa, dan membenarkan adanya pahala terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah." (QS. Al-Lail : 5-7)
7. Sedekah adalah Harta Simpanan bagi Pelakunya di Hari Kiamat
"Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang mendapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam." (QS. Al-Mu'minun : 102-103)
8. Sedekah merupakan Jalan untuk Menggapai Cinta, Rahmat, dan Ridho Allah
"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-Baqarah : 195).
9. Sedekah akan Menaungi Pelakunya di Padang Mahsyar
"Ada 7 golongan yang akan Allah naungi dibawah naungan-Nya pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya ---beliau menyebutkan diantaranya---, yakni seseorang yang bersedekah lalu merahasiakannya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah diinfaqkan oleh tangan kanannya" (HR. Bukhori no.1423).
10. Pahala Sedekah Terus Mengalir Setelah Mati
"Bila seseorang meninggal, maka terputuslah amalannya, kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, doa anak yang sholeh (HR. Muslim no.1631).

Sumber : Buku "Bersedekahlah" oleh Faishol bin 'Ali Al-Ba'dani

Nah ternyata banyak ya manfaat sedekah dan tidak sedikitpun merugikan diri sendiri.
Ayo sedekah demi menggapai ridho-Nya
#bersamameraihcinta-Nya


#wecareweshare


0 komentar:

Posting Komentar