Minggu, 04 November 2012

Qurban itu amalan mulia

Alhamdulillah, ada kesempatan lagi untuk meninggalkan jejak tangan ana di blog ini ^^

sekarang mau cerita ah tentang Peringatan Idul Adha kemarin di UKMI ATH-THIBB..
Mau tau ceritanya? Mau tau ajah atau mau tau banget? Ciyuzz??  #hadehh.. ketularan virus2 alay ABG nih..

Mencoba mengadakan sedikit aplikasi yang berarti, Peringatan Idul Adha UKMI ATH-THIBB kali ini berupa praktek penyembelihan hewan Qurban.  Alhamdulillah, seorang mahasiswa kita, sebut saja bunga, (btw, kenapa ya nama bunga sering dipakai untuk menyebut korban kriminal di koran-koran?). Hehe, ga deng, mahasiswa tersebut ikhwan kok. Nah, alhamdulillah beliau mengurbankan seekor kambing-yang dengan beruntungnya terpilih- untuk disembelih. (sabar yaa kambing...)


Secara gitu kan kita tau betapa ibadah Qurban ini merupakan salah satu amalan yang amal mulia yang penting dalam Islam dan sungguh tinggi nilainya.
Coba renungkan Firman  Allah s.w.t. berikut:  
"Maka dirikanlah solat kerana Tuhanmu dan berqurbanlah."    (Surah al-Kauthar:2)
 
"Dan telah Kami jadikan unta-unta itu sebahagian daripada syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak daripadanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah diikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur."    (surah al-Haj:36)
                       
Pun hadits dibawah ini:
Dari Aisyah r.a Nabi Muhammad s.a.w. telah bersabda : "Tidak ada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Qurban, yang lebih dicintai Allah daripada menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) qurban itu."    (Riwayat al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan al-Hakim)
So, siapatah yang menolak mendapat keberuntungan pahala itu jika ia mampu melaksanakannya? Yuuk, niatkan di tahun mendatang Insya Allah kita bisa berqurban..^^

Nah, Prosesi penyembelihan dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri, Jum'at 26 Oktober 2012 siang hari di lapangan rumput sekitar Mesjid Asy-Syifa Fakultas Farmasi. Pelakunya sudah pasti ikhwan-ikhwan UKMI ATH-THIBB.
Setelah itu daging qurban pun dibag-bagikan.
Acara rupanya tidak selesai sampai disitu, keesokan harinya kambing yang telah bertransformasi menjadi sop dan rendang super lezat dapat dinikmati bersama pada acara halal bihalal yang diadakan di mesjid Farmasi lt 2. Kali ini pelaku yang merubah bentuk si kambing itu sudah pasti akhwat-akhwat UKMI ATH-THIBB.. Ajiiibb..

berikut ini sedikit jeprat-jepret yang masih cukup layak pajang untuk menambah muatan blog ini.
Pak Ketum mendadak jadi petani? ah bukan..
Detik-detik menjelang kemerdekaan, eh, pengurbanan

lihatlah keironisan yang terjadi pada 2 makhluk ALLAH diatas (#tegaaanya tersenyum diatas penderitaan,). tapi insya ALLAH kambingnya ikhlas itu..
 








potong-potong-potong
 










Innalillahi wa inna ilaihi roji'un
















0 komentar:

Posting Komentar