Rabu, 18 Januari 2017

Amal Sholih





Assala'mualaikum wr.wb

Apa kabar Ikhwah Fillah ?? Bagaimana kondisi ruhiyah kita saat ini?

Apapun itu, semoga kita semua diberi ketabahan, keikhlasan dan rasa syukur yang seluas-luasnya dalam menjalankan rutinitas kita.
      Hari ini kita akan membahas sedikit mengenai amal sholih atau amal shaleh. kita tentunya sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Namun, tahukah kamu apa-apa saja yang termasuk dalam amal sholih dan apa saja yang hal-hal yang dapat merusak amal sholih tersebut? Nah,, langsung saja kita bahas, Simak baik-baik yaaa........... :)


Amal Sholih terdiri dari dua kata, yaitu :

1. Amal (Amala) yang artinya "perbuatan/pekerjaan", yang berarti segala kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan itu dikatakan amal.

2. Sholih yang artinya "baik" .

jadi, amal sholih dapat diartikan segala perbuatan baik yang sengaja dilakukan. lalu, apa saja sih amal sholih itu?

amal sholih terbagi dalam 3 hal, yaitu :

1. Amal Sholih yang terkait dengan Akidah
          Jika, kita membicarakan akidah maka tak lepas bahasannya dengan rukun iman. Nahh,, amal-amal yang berkaitan dengan rukun iman maka akan berkaitan dengan akidah.

2. Amal sholih yang berkaitan dengan Syari'ah

3. Amal sholih yang berkaitan dengan Akhlak


Dalam melakukan ketiga amal sholih ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

1. Sesuai dengan ilmunya -> jadi, jangan mengada-ngadakan sesuatu jika kita tak punya ilmu yang pasti yaa, sebelum berbuat sesuatu amal pastikan dulu kita mengerti hukum-hukum atau aturannya, jangan sampai amal yang kita lakukan menjadi sia-sia.

2. Sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadist

3. Sesuai dengan petunjuk Rasulullah.SAW -> "Sesungguhnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik"

4. Ikhlas


jika, kita sudah melakukan amal sholih tentunya ada keuntungan yang akan kita dapat, baik itu untuk dunia maupun diakhirat kelak,  keuntungan yang akan kita dapatkan jika melakukan amal sholih, yaitu :

1. mendapat Rezeki yang baik

فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (Q.S. Al-Hajj : 50) 

2. Derajat yang tinggi 

وَمَنْ يَأْتِهِ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصَّالِحَاتِ فَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الدَّرَجَاتُ الْعُلَىٰ
Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia) (Q.S. Taha :75)

3. Keberuntungan 

فَأَمَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَعَسَىٰ أَنْ يَكُونَ مِنَ الْمُفْلِحِينَ
Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung. (Q.S. Al-Qasas: 67) 

4. Keadilan 

إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا ۖ وَعْدَ اللَّهِ حَقًّا ۚ إِنَّهُ يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ بِالْقِسْطِ ۚ وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ شَرَابٌ مِنْ حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْفُرُونَ

Hanya kepada-Nya-lah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.(Q.S. Yunus : 4) 

5. Keluar dari kegelapan 

رَسُولًا يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِ اللَّهِ مُبَيِّنَاتٍ لِيُخْرِجَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ قَدْ أَحْسَنَ اللَّهُ لَهُ رِزْقًا

(Dan mengutus) seorang Rasul yang membacakan kepadamu ayat-ayat Allah yang menerangkan (bermacam-macam hukum) supaya Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan beramal saleh dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya. (Q.S. At-Thalaq:11) 

6. Pahala yang cukup 

وَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُوَفِّيهِمْ أُجُورَهُمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ
Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim. (Q.S. Ali-Imran : 57) 

7. Hilangnya perasaan takut 

وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَا يَخَافُ ظُلْمًا وَلَا هَضْمًا
Dan barangsiapa mengerjakan amal-amal yang saleh dan ia dalam keadaan beriman, maka ia tidak khawatir akan perlakuan yang tidak adil (terhadapnya) dan tidak (pula) akan pengurangan haknya. (Q.S. Taha : 112) 

Dan nilai-nilai yang terkandung dalam amal sholih adalah sebagai berikut : 

1. Menentramkan hati dan mendamaikan jiwa 
2. Membina kepribadian yang berkualitas
3. Menumbuhkan kerendahan Hati 
4. Membela kebenaran dan keadilan
5. Membentengi diri dari perbuatan dosa
6. Berbagi kebahagian kepada orang lain. 

Bagaimana, banyak kan manfaat yang dapat kita ambil dari beramal sholih, tidak hanya pahala saja melainkan kita akan mendapat manfaat dan nilai-nilai yang terkandung dalam hidup ini. selain manfaat, ada juga hal-hal yang dapat merusak perbuatan amal sholih kita , yaitu : 

1. sibuk mencari aib manusia 
2. Kerasnya hati 
3. Cinta dunia 
4. sedikit malu
5. Panjang angan-angan
6. kezholiman yang tiada habisnya. 

Nah,, gak mau kan amal sholih yang sudah kita kerjakan jadi rusak karena suatu perbuatan yang tidak sengaja atau tidak sadar kita perbuat, jadi mulai sekarang coba biasakan menjauhkan diri dari ke-6 hal di atas. 


jangan pernah meremehkan perbuatan baik sedikit pun, karena bisa jadi karena perbuatan baik yang satu itu Allah memberi kesempatan pada kita merasakan bagaimana Indahnya Syurga. Teruslah berdakwah selagi Raga mu masih sanggup dan teruslah berdakwah selagi Jiwa mu masih melekat pada raga. 

Akhir kata Admin mengucapkan, wassalamu'alaikum wr.wb 

semoga tulisan ini bermanfaat :)) 



0 komentar:

Posting Komentar