Kamis, 06 Agustus 2015

Demi Masa



“Demi masa”, dua kata ini adalah salah satu surah yang terdapat di dalam Al-qur’an yaitu dalam surat Al-asr. Ayat menggambarkan tentang waktu, begitu banyak ayat-ayatdi dalam Al-qur’an yang menjelaskan tentang waktu. Baik itu waktu untuk shalat, puasa, haji, mandi, berkebun, bahkan waktu untuk melakukan hal-hal yang sangat kecil sekalipun semua terdapat dalam Al-qur’an. 
            Dengan ayat tersebut Allah seakan ingin memberitahu kita bagaimana cara memanfaatkan waktu. Bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, maka merugilah orang-orang yang menyia-nyiakan waktu.

 Dalam surah yang sama Allah juga berfirman:
“sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS Al-Asr: 2-3) 
Ayat diatas menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang merugi kecuali orang-orang yang beriman dan saling menasehati. Karena sejatinya manusia adalah makhluk yang sering lalai dan tergesa-gesa dalam segala sesuatunya. Karena itu pulalah manusia disebut makhluk sosial, karena manusia tidak akan bisa hidup sendiri, ia tetap membutuhkan orang lain untuk menegur dan menasehatinya, dan orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh sesungguhnya orang-orang beruntung Karena waktu yang mereka miliki digunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan selalu mengingat Allah. Sehingga mereka tidak akan termakan oleh nafsu Dunia. 
Begitu pentingnya memanajemen waktu dengan baik, sayyidina Ali berkata: “waktu bagaikan pedang, jika kamu tidak memotongnya maka ia akan memotongmu” . yaa , seperti itulah Ali menggambarkan waktu, maka merugilah orang-orang yang tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik. 
Lalu kenapa Allah memperingatkan kita tentang waktu? 
Di sadari atau tidak salah satu hal yang tidak dapat dibayar oleh uang di dunia ini adalah “waktu”. Kita tidak dapat mempercepat atau memperlambatnya, orang yang menggunakan waktunya hanya untuk bermalas-malasan suatu saat ia akan termakan oleh waktu itu sendiri, dan jika sudah seperti maka tak ada bisa yang disalahkan, satu-satu nya hal yang dapat disalahkan adalah diri kita sendiri. Dan kita akan hidup dalam penyesalan selamanya. 
Coba kita renungkan! Apa saja yang kita tlah kita capai di usia kita saat ini? Dan apa saja yang belum dapat kita capai diusia kita saat ini? 
Jika yang lebih banyak adalah sesuatu yang belum kita capai, maka mulai saat ini, BANGKITLAH! Keluarlah dari zona nyaman mu saat ini, dan mulailah menyiapkan strategi untuk menggapai semua impian dan cita-citamu. Karena Allah tak akan memberikan sesuatu sebelum kau berusaha. Dan selagi kau masih muda manfaatkanlah waktumu dengan baik, karena Nabi Muhammad.saw., bersabda: “Manfaatkanlah waktu mudamu , sebelum datang waktu tuamu.” 
Kalau boleh jujur saya sendiri, sampai diusia saya saat ini masih banyak bahkan sangat banyak hal yang belum saya raih. Kecewa? .. pasti, menyesal?.. pasti, sudah tak terhitung berapa banyak waktu yang sudah saya sia-siakan selama ini. Tapi saya sadar menyesal saja,sama sekali taka da gunanya karena waktu tidak dapat diulang kembali, bukan? Oleh karena itu, saya memutuskan akan melakukan hal yang bisa saya lakukan sekecil apapun itu, dan yakinlah tak akan ada sesuatu yang sia-sia di dunia ini apabila kita melakukannya dengan sunguh-sungguh. 
Allah.swt., berfirman:
Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.” (QS. Al-A’raf : 34)
Karena itu manfaatkanlah waktumu sebelum tiba batas waktumu. Karena tak ada satu orang pun yang tahu sampai dimana batas waktu itu berada selain Allah.swt., penguasa Langit dan Bumi. 
Mudah-mudahan Allah.swt., menjadikan kita orang-orang yang dapat memanfaatkan waktu dengan baik, dijaga dari segala perbuatan yang dibenci olehNya, dan selalu berada di lingkaran orang-orang yang bertaqwa. Aminn yaa Rabbalallamin.



0 komentar:

Posting Komentar